Selasa, 11 Juli 2017

Difusi Inovasi Pendidikan - Apakah Facebook Merupakan Suatu Inovasi Untuk Pembelajaran ?

Analisa Mengenai Forum Grup Diskusi di Facebook Kelas Teknologi Pendidikan B 2015


PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan alat atau cara yang digunakan manusia untuk menyampaikan, menerima, dan mencari informasi – informasi serta berkomunikasi dalam kehidupan sehari – hari. Di era globalisasi ini, telekomunikasi dan informatika adalah dua faktor penting karena keduanya merupakan sarana komunikasi antara penyedia dan pengguna informasi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang pesat di masyarakat. Umumnya Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Teknologi Informasi dan Komunikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah menglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan.
Dalam bidang pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak memiliki peranan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan membuat peserta didik lebih mudah untuk mendapatkan bahan ajar yang mereka perlukan. Salah satu contoh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan adalah menggunakan media sosial untuk media pembelajaran yaitu Forum Diskusi Facebook untuk mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.

B.   Pertanyaan
1.      Apakah Forum Grup Diskusi Facebook ini merupakan suatu inovasi ?
2.      Berapa jumlah mahasiswa yang menjawab dan tidak menjawab ?
3.      Berapa jumlah mahasiswa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES & NO” ?

C.   Tujuan
1.      Untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam menjawab Forum Grup Diskusi Facebook
2.      Untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam menjawab Forum Grup Diskusi Facebook

D.   Manfaat
1.      Dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar
2.      Dapat melatih mahasiswa untuk berfikir secara kritis
3.      Dengan menggunakan Facebook, mahasiswa dapat berdiskusi kapan pun dan dimana pun.

E.   Responden
Mahasiswa dan mahasiswi kelas B Teknologi Pendidikan 2015 Universitas Negeri Jakarta

F.    Teknik Survei
Teknik survei yang di lakukan adalah Analisa Data




HASIL SURVEI

1.     Data mahasiswa/i yang menjawab diskusi di grup facebook

2.     Data mahasiswa yang menjawab “yes” , “no” , dan “yes&no”

3.     Alasan Mahasiswa Memilih “yes” , “no” , dan “yes&no”











= yes (10%)
= no (10%)
= yes&no 1 (5%)
= yes&no 2 (5%)
= yes &no 3 (5%)
= yes &no 4 (65%)



PEMBAHASAN

Dalam grafik pertama, dapat dilihat bahwa hanya sebagian dari mahasiswa kelas TP B 2015 yang menjawab pertanyaan tersebut di grup facebook. Dari 39 mahasiswa, hanya 20 mahasiswa (51%) yang menjawab dan 19 mahasiswa (49%) lainnya tidak. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka tidak membuka grup diskusi facebook pada saat itu, sehingga mereka melewatkan pertanyaan tersebut. Dengan begini dapat dilihat masih sebagian saja dari mahasiswa kelas TP B 2015 yang berpartisipasi dalam grup diskusi facebook ini.  Selanjutnya pada grafik kedua, mengacu pada teori Reigeluth dan Rogers dapat dilihat bahwa 2 mahasiswa yang memilih “yes” (10%) , 2 mahasiswa yang memilih “no” (10%) , dan 16 mahasiswa yang memilih “yes&no” (80%). Hal ini dapat disebabkan karena latar belakang kami yang berbeda – beda sehingga pengalaman yang diterima pun berbeda – beda.  Pada grafik ketiga, 2 mahasiswa yang memilih “yes” , 2 mahasiswa yang memilih “no” , dan 16 mahasiswa yang memilih “yes&no” , tetapi dalam mahasiswa yang memilih “yes&no” terdapat empat alasan yang berbeda.
Adapun 2 mahasiswa memilih “yes” dengan mengacu pada teori Reigeluth dan Rogers adalah bahwa pembelajaran menggunakan media sosial adalah pengalaman yang baru mereka rasakan serta bersifat menyeluruh dan berkelanjutan. Sehingga mereka setuju jika teori Reigeluth dan Rogers pada grup diskusi facebook ini dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
Selanjutnya 2 mahasiswa memilih “no” karena menurut mereka pembelajaran menggunakan media sosial bukanlah pengalaman yang mereka rasakan karena sebelumnya mereka sudah merasakannya. Terlebih lagi menurut mereka, grup diskusi facebook ini tidak bersifat menyeluruh dan berkelanjutan melihat bahwa masih ada beberapa mahasiswa yang tidak ikut berpartisipasi di dalamnya.
Yang terakhir untuk mahasiswa yang  memilih “yes&no” berjumlah 16 orang dimana alasan mereka berbeda – beda.
1.      Merupakan pengalaman yang baru menggunakan media sosial untuk pembelajaran dan tidak bersifat menyeluruh dan belum berkelanjutan
Ada 13 mahasiswa yang mempunyai alasan yang sama. Menurut mereka grup diskusi facebook ini merupakan hal yang baru yang baru pertama kali mereka rasakan menggunakan media sosial untuk pembelajaran. Terlebih lagi grup diskusi facebook ini tidak bersifat menyeluruh dan berkelanjutan melihat ada beberapa mahasiswa yang belum berpartisipasi dan selanjutnya grup diskusi ini belum ada evaluasinya sehingga mahasiswa tidak tahu sejauh apa keefektifan grup diskusi facebook ini
2.      Bukan pengalaman yang baru menggunakan media sosial untuk pembelajaran dan bersifat berkelanjutan
Satu mahasiswa memilih alasan ini karena menurutnya ini bukanlah pengalaman yang baru ia rasakan karena sebelumnya ia sudah pernah merasakan menggunakan media sosial untuk pembelajaran. Dan selanjutnya menurutnya grup diskusi ini bersifat berkelanjutan.
3.      Merupakan pengalaman yang baru menggunakan media sosial untuk pembelajaran dan tidak bersifat menyeluruh tetapi berkelanjutan
Satu mahasiswa memberikan alasan bahwa grup diskusi facebook ini merupakan pengalaman yang baru dan tidak bersifat menyeluruh dimana belum semua mahasiswa berpartisipasi di dalamnya. Selanjutnya menurutnya grup diskusi facebook ini bukan hanya di pergunakan untuk sekarang saja tetapi bisa digunakan untuk nanti ketika berganti semester
4.      Merupakan sebuah reinvention dan tidak bersifat menyeluruh dan belum berkelanjutan
Adapun yang beralasan bahwa grup diskusi facebook ini merupakan sebuah reinvention dan tidak bersifat menyeluruh dan belum berkelanjutan. Dimana menurut ia bahwa facebook ini merupakan sebuah inovasi dimana manfaat yang dirasakan berbeda dari tujuan nya yaitu menghubungkan semua orang, tetapi manfaat yang ia rasakan adalah untuk pembelajaran.




KESIMPULAN

            Kesimpulan yang dapat diambil adalah sesuatu hal, ide, barang atau yang lainnya bisa dikatakan sebagai inovasi tergantung latar belakang si adopternya. Dalam hal ini facebook bisa dikatakan sebagai inovasi atau tidak tergantung latar belakang mahasiswanya. Dimana sebagian mahasiswa merasakan bahwa menggunakan facebook untuk pembelajaran adalah suatu hal yang baru. Sedangkan untuk sebagian mahasiswa, menggunakan facebook untuk pembelajaran bukanlah hal yang baru karena sebelumnya mereka sudah pernah merasakannya. Jadi semua ini tergantung oleh setiap individu yang melakukan dan menggunakannya. Mengacu pada teori Reigeluth dan Rogers, bahwa sebagian besar mahasiswa yang berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan ini setuju bahwa grup diskusi facebook ini tidak bersifat menyeluruh dan belum berkelanjutan. Tidak bersifat menyeluruh melihat bahwa masih sebagian saja mahasiswa kelas TP B 2015 yang ikut berpartisipasi untuk berdiskusi di grup facebook ini. Dan belum bersifat berkelanjutan karena mahasiswa setuju bahwa grup diskusi facebook ini belum dilakukan evaluasi sehingga kami tidak tahu sejauh mana keefektifan dari grup diskusi facebook ini.










Sumber :
https://www.facebook.com/groups/239286623200164/?fref=ts (FORUM GROUP DISCUSSIONS DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN)
Roger, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations Four edition. New York: The Free Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar